Profil Lulusan Program Studi Pendidikan Olahraga

1. Calon Pendidik Profesional di Bidang Pendidikan Olahraga.

Lulusan Pendidikan Olahraga yang memiliki kemampuan merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pembelajaran berbasis keilmuan, karakter dan inovasi dalam bidang Pendidikan Olahraga sehingga mampu mengidentifikasi, memahami, menjelaskan, mengevaluasi/menganalisis secara kritis dan merumuskan cara penyelesaian masalah yang ada, untuk meningkatkan mutu dalam bidang Pendidikan Olahraga.

2. Peneliti Pemula Bidang Pendidikan Olahraga

Lulusan Pendidikan Olahraga yang mempunyai kemampuan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kegiatan kependidikan berlandaskan dasar keilmuan kependidikan dan etika profesional dan mampu mengidentifikasi, memahami, menjelaskan, menganalisis dan mengevaluasi secara kritis dan merumuskan cara penyelesaian masalah yang ada dalam bidang Pendidikan Olahraga dan mampu memanfaatkan teknologi informasi untuk penelitian dibidang Pendidikan Olahraga.

3. Edupreneur dan Penyelenggara Pada Lembaga Pendidikan, Pelatihan dan Event Organizer

Lulusan Pendidikan Olahraga yang memiliki kemampuan menjadi entrepreneur (wirausahawan) secara kreatif dan inovatif yang berwawasan teknologi informasi dan komunikasi dengan menciptakan lapangan pekerjaan di bidang pendidikan, pelatihan, ataupun event organizer sebagai partisipasi dalam membangun sumber daya manusia yang mandiri.

4. Konsultan dan Praktisi Bidang Olahraga

Lulusan Pendidikan Olahraga yang mempunyai kemampuan berpikir kritis dan logis tentang konsep dasar olahraga baik teori maupun praktik, serta memahami konsep dalam organisasi pelaksana kegiatan (event), khususnya pada bidang olahraga dan dapat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sebagai pendukung kemampuan dasar bidang olahraga.

Capaian Pembelajaran Program Studi Pendidikan Olahraga

Capaian Pembelajaran lulusan Pendidikan Olahraga FIP Universitas Muhammadiyah Jakarta mencakup empat aspek yaitu: aspek sikap, aspek pengetahuan, aspek keterampilan umum, dan aspek keterampilan khusus.

a. Sikap (S)
1) Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious.
2) Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
3) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan berperadaban berdasarkan Pancasila.
4) Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
5) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan original orang lain.
6) Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
7) Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
8) Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
9) Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidangnya, terutama di bidang Pendidikan Olahraga, secara mandiri.
10) Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
11) Memahami dirinya secara utuh sebagai calon pendidik

b. Pengetahuan (P)
1) Menguasai prinsip dan teori pembelajaran di sekolah
2) Menguasai konsep tentang karakteristik perkembangan peserta didik baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
3) Menguasai pengetahuan konseptual bidang studi pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan.
4) Menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru pendidikan olahraga di sekolah.
5) Menguasai konsep dan teknik evaluasi proses dan evaluasi hasil pembelajaran olahraga di sekolah.
6) Menguasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memecahkan permasalahan pembelajaran di sekolah.
7) Menguasai konsep dan teknik layanan bimbingan penyuluhan di sekolah untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku siswa dalam pembelajaran

c. Keterampilan Umum (KU)
1) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
3) Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni.
4) Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
5) Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis, informasi, dan data.
6) Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
7) Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
8) Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
9) Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

d. Keterampilan Khusus (KK)
1) Mampu menerapkan prinsip dan teori pendidikan melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah secara bertanggung jawab
2) Mampu menerapkan konsep tentang karakteristik perkembangan peserta didik baik perkembangan fisik, psikologis, dan social melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan secara aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM).
3) Mampu menerapkan pengetahuan konseptual bidang studi pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran dengan metode saintifik sesuai dengan etika akademik.
4) Mampu menganalisis, merekonstruksi, dan memodifikasi kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru pendidikan olahraga di sekolah secara mandiri.
5) Mampu merancang dan melaksanakan evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah secara berkelanjutan.
6) Mampu merancang dan melaksanakan penelitian bidang pendidikan dan keolahragaan secara ilmiah sesuai dengan etika akademik dan melaporkannya dalam bentuk skripsi dan mengunggah artikel dalam laman perguruan tinggi.
7) Mampu memberikan bimbingan dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan serta terampil dibidang keolahragaan.